Tips Cara Aman Recycle Atau Menjual Komputer Lama Anda

6

Beberapa dari kita memperlakukan komputer kita seperti kita memperlakukan mobil kita. Di mana kita juga akan memperbaikinya sampai mereka sama sekali tidak dapat diperbaiki.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Artinya pada titik tertentu Anda akan berpikir untuk menyingkirkan komputer lama dan membeli komputer lain. Lalu apa yang kita lakukan dengan komputer lama kita? Jangan hanya membuang PC Anda di tempat sampah.

Printed Circuit Board (PCB) dan berbagai komponen lain tidak baik bagi lingkungan. Ketika Anda siap untuk membuang komputer lama anda ke tempat sampah sebaiknya cek dengan keadaan sanitasi lingkungan setempat, ketentuan dan peraturan mengenai pembuangan elektronik oleh Instansi setempat. Ada berbagai program daur ulang untuk komputer tua tersedia melalui perusahaan tertentu.

Tetapi sebelum Anda membuang komputer lama Anda atau untuk didaur ulang, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

Backup Semua Data Pribadi Anda
Sebelum Anda membeli komputer baru dan membuang komputer lama, Anda perlu memastikan bahwa Anda harus mendapatkan semua data pribadi Anda dari komputer lama terlebih dahulu.

Gunakan USB Portabel Hard Drive atau DVD Writer untuk membuat salinan data Anda. Periksa cadangan penyimpanan Anda untuk memastikan bahwa anda memiliki semua yang Anda inginkan untuk di simpan.

Amankan Hard Disk Anda
Atau Setidaknya Menggunakan Disk Wipe Utility pada Hard Disk komputer untuk menghapus sejumlah besar data pribadi berupa foto – foto keluarga, catatan bank dan segala sesuatu di antaranya. Anda tidak ingin orang asing mendapatkan informasi ini kan? Untuk alasan ini, setiap kali saya menyingkirkan komputer maka saya selalu mengambil hard drive utama dan menyimpannya.

Ada sebagian orang tertentu membeli komputer kemudian menggunakan alat pemulihan data dan mengekstrak informasi pribadi dari hard Disk pemilik sebelumnya. Menurut sebuah penelitian terbaru, hard Disk tua adalah harta karun terbesar untuk mendapatkan informasi bagi calon tindakan kejahatan.

Bahkan jika Anda telah melakukan format dan partisi ulang hard Disk, data residual sering tetap ada pada drive dan dapat dengan mudah ditemukan dengan program pemulihan data. Anda akan terkejut betapa mudahnya untuk membawa kembali file yang dihapus dengan menggunakan alat pemulihan data.

Salah satu solusi lainnya. Hard Disk bekas anda tidak memakan banyak ruang dan kita selalu dapat menggunakannya untuk tugas – tugas lain seperti menempatkan mereka dalam caddy USB drive dan menggunakan mereka untuk memindahkan data dari satu PC ke lainnya ketika jaringan tidak tersedia, atau untuk back up perpustakaan foto keluarga dan membawanya ke lokasi lain untuk menjaganya tetap aman.

Pastikan Untuk Mengeluarkan Semua DVD dan Media Lainnya Dari Komputer Lama Anda
Kadang-kadang kita akan meninggalkan disk di DVD drive pada komputer kita sepanjang waktu. Anda dapat meninggalkan sistem DVD operasi di komputer Anda selama berminggu-minggu atau Anda mungkin telah meninggalkan salinan cadangan file Anda di drive dari cadangan terakhir yang Anda buat dan lupa untuk membawanya keluar setelah Anda selesai.

Jika Anda tidak ingin pemilik berikutnya untuk komputer Anda memiliki disk tersebut maka Anda harus mengeluarkannya dan menyimpannya untuk menjaga data tetap aman. Anda juga harus memeriksa bagian belakang komputer untuk memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan USB Drive yang terhubung ke port USB. USB Drive begitu kecil sampai terkadang anda tidak melihatnya dan bahkan lupa.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT :
pixabay.com
YOUTUBE CREDIT : –

Simpan

Anda mungkin juga berminat Lagi dari kami

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!