Sekilas Tips Informasi Mengenai Barcode Dan Scanner Barcode

17

Perusahaan konsultan IT mengembangkan sistem barcode untuk kepentingan berbagai bidang industri dan untuk melacak harga sebuah produk, pengiriman, manajemen dokumen dan berbagai logistik serta masalah operasional organisasi lain.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Hal ini telah membuat transaksi produk menjadi lebih cepat dan akurat. Sebagai contoh : Jika sebuah botol minuman anda beli maka pramuniaga counter akan memindai kode dan semua informasi dari botol yaitu harga, kuantitas akan ditampilkan di kasir komputer.

Sekarang ini, teknologi untuk komputer agar memahami dan menggunakan informasi dari barcode akan membutuhkan alat pembaca yang menerjemahkan dan mengirim data ke komputer. Ada berbagai jenis alat barcode yang tersedia untuk tujuan ini :

  • PEN TYPE READERS – Dilengkapi dengan sumber cahaya dan dioda foto yang ditempatkan di dekat ujung pena. Pengguna akan menggunakan ujung pena pada barcode dan dioda foto menggunakan intensitas cahaya yang dipantulkan kembali dari ujung pena. Pen type readers mengirimkan informasi ke decoder yang diteruskan ke komputer dalam bentuk data. Pen type readers adalah tahan lama dan merupakan pembaca barcode yang murah tetapi membutuhkan latihan agar pengguna dapat memindai dengan sempurna.

SUMBER GAMBAR : Alibaba.com

  • CCD (LED SCANNER) – LED scanner memiliki fitur dengan banyak lampu LED kecil yang ditembakan ke barcode. Sensor mengukur tegangan dari cahaya yang kemudian memberikan snapshot digital kode. LED scanner sangat mahal tapi pada saat yang sama LED scanner mampu menyediakan data yang sangat akurat.

SUMBER GAMBAR : Barcodesinc.com

  • LASER SCANNER – Peralatan ini menggunakan sinar laser sebagai sumber cahaya. Sebuah cermin reciprocating atau prisma berputar digunakan untuk memindai barcode. Dioda mengukur refleksi yang diterjemahkan ke dalam data pembacaan digital dan dikirim ke komputer.

SUMBER GAMBAR : Scannerbarcodejogja

  • 2D CAMERA – Menggunakan kemapuan menerjemahkan warna putih dan hitam pada target dua dimensi. Untuk melakukan hal ini maka peralatan berbasis kamera akan dibutuhkan. 2D Camera menggunakan kamera untuk menangkap gambar barcode sebagai kilatan cahaya dan decode menggunakan teknik pengolahan citra digital.

SUMBER GAMBAR : Serialio.com

Jenis alat Barcode yang dijelaskan di atas digunakan oleh berbagai industri tapi selain dari alat barcode di atas maka ada jenis barcode lain yang tersedia di pasaran saat ini. Semisal : scanner nirkabel yang dapat digunakan tanpa kabel dan berbasis terminal data portabel. Sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak, mengembangkan berbagai sistem sesuai kebutuhan operasional organisasi.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Anda mungkin juga berminat Lagi dari kami

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!

SCRIPT ANALYTICS :