Situs Web Kumpulan Artikel Teknologi

Sekilas Panduan Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik

59

Sebuah website dapat digunakan baik untuk alasan pribadi atau profesional. Untuk alasan pribadi banyak orang memilih untuk mencatat kehidupan mereka, blog tentang sesuatu yang mereka tertarik atau berbagi foto dengan teman dan keluarga.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Untuk bisnis maka situs web adalah suatu keharusan. Bahkan, banyak orang saat ini banyak menggunakan kehadiran situs web sebagai metode untuk menentukan sah tidaknya suatu perusahaan dan seringkali mereka lebih memilih untuk menggunakan Internet untuk mengembangkan bisnis mereka.

Apakah ingin mengaktifkan kehadiran web untuk pertama kalinya atau jika Anda hanya tidak puas dengan layanan hosting yang ada maka inilah saatnya Anda akan perlu untuk menemukan kriteria penyedia web hosting. Dalam rangka untuk memastikan Anda memiliki layanan terbaik maka ada beberapa item yang harus Anda pertimbangkan.

Ketika menggunakan dan memilih penyedia jasa maka ada lima pertanyaan penting dalam pikiran anda :

1. KEANDALAN
Seberapa sering situs web Anda akan tersedia di internet?Keandalan atau up time adalah sangat penting dan sesuatu yang harus hati-hati dipertimbangkan sebelum memilih sebuah penyedia hosting. Untuk website bisnis maka hal ini bahkan menjadi lebih penting daripada sebuah website pribadi.

Ketika sebuah situs web sedang down time maka mungkin menjengkelkan untuk sebuah situs web pribadi tetapi dapat mengakibatkan kerugian dalam pendapatan yang hilang untuk situs web bisnis.

Perlu diingat, meskipun banyak klaim mengenai 100% uptime bahwa hal tersebut mungkin tidak akurat jadi waspadalah terhadap klaim ini. Faktanya adalah ada saat di mana mungkin ada masalah yang tak terduga atau pemeliharaan terjadwal yang menyebabkan website Anda untuk tidak tersedia secara online dalam periode waktu yang singkat.

Yang penting untuk di lihat adalah persentase uptime sebenarnya bagi perusahaan secara keseluruhan serta server tertentu di mana situs web Anda akan berada. Semua web hosting harus memiliki data historis ini tersedia. Dengan teknologi saat ini tidak ada alasan untuk setiap penyedia jasa web hosting memiliki persentase uptime rendah.

2. CUSTOMER SERVICE
Apakah Anda mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya? Layanan pelanggan kadang-kadang adalah salah satu aspek orang untuk bersedia berkompromi untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah. Pertimbangkan rasa frustrasi dan kehilangan potensi pendapatan jika Anda tidak bisa mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Layanan pelanggan mungkin termasuk pertanyaan pada pra penjualan, penagihan dan dukungan teknis. Banyak penyedia web hosting memiliki berbagai metode untuk Anda dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda sehingga Anda dapat melakukan perbaikan situs web Anda dengan cepat dan menyeluruh. Pilih perusahaan hosting yang memiliki kombinasi terbaik dari pilihan anda.

Pilihan yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Dukungan telepon – ini adalah di mana operator akan menangani masalah Anda. Pertimbangkan ketersediaan (support 24/7 telepon atau jam kerja saja?).
  • Dukungan email – ini biasanya ditangani melalui help desk sistem dimana permintaan Anda dimasukkan ke dalam antrian dan menjawabnya dalam urutan dengan pertimbangan lamanya waktu yang diperlukan untuk respon dan bagaimana respon secara menyeluruh.
  • Live Internet chat – ini adalah di mana Anda benar-benar mendapatkan sebuah fasilitas untuk melakukan chatting di Internet dengan perwakilan/customer service. Pertimbangkan jumlah waktu yang diperlukan oleh operator untuk menanggapi dan waktu yang tersedia untuk layanan ini.
  • Knowledge Base / FAQ – ini adalah sebuah daftar pertanyaan dan jawaban umum. Sebuah basis pengetahuan diisi dengan baik dapat menghemat banyak waktu sehingga Anda dapat membantu diri Anda sendiri dengan mencari jawaban atas pertanyaan yang bersifat umum. Pertimbangkan tingkat basis pengetahuan dan seberapa hal tersebut sering diperbarui oleh penyedia web hosting.
  • Komunitas jaringan – forum dan blog adalah cara yang bagus untuk memungkinkan pelanggan untuk membantu satu sama lain. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat sebuah jaringan dan mendapatkan bantuan dengan cepat. Pertimbangkan jumlah pengguna aktif dan frekuensi posting pada forum atau blog mereka.

3. HARGA
Apakah biaya web hosting yang Anda gunakan sangat kompetitif? Tentu saja harga adalah pertimbangan terutama dalam masa ekonomi sulit. Penelitian biaya untuk penyedia hosting adalah dengan membandingkan setiap perusahaan hosting. Perlu diingat bahwa mungkin ada variasi dalam biaya berdasarkan fitur yang tersedia.

Jadi, pastikan Anda mempersempit pilihan Anda dan Pilih kombinasi terbaik dari biaya dan fitur. Juga, pertimbangkan rencana pembayaran dan menentukan apakah hal tersebut nyaman bagi Anda. Banyak penyedia hosting akan memperpanjang diskon jika Anda membayar dalam jangka waktu 1 (satu) tahun penuh ke depan. Jika Anda tidak mampu untuk melakukan hal ini seberapa sering tagihan akan mengalami jatuh tempo?

Menggunakan web hosting gratis? Untuk bisnis maka hal ini tidak dianjurkan. Kebanyakan hosting gratis mendapatkan uang mereka dengan pendapatan iklan. Iklan ini akan mengganggu website Anda dengan pop up atau banner yang tidak dapat dihapus. Ini akan mengurangi  profesionalisme sebuah situs web.

Untuk situs web pribadi, iklan dapat diterima tetapi dengan begitu banyak penyedia hosting dengan reputasi yang baik yang tersedia maka mengapa Anda musti mengambil risiko itu?

4. STABILITAS PERUSAHAAN
Apakah hosting Anda mempunyai keberadaan untuk jangka panjang? Perusahaan datang dan pergi dan industri web hosting bisa sangat rentan terhadap fly-by-night company. Ditambahkan bahwa adalah prevalensi reseller yang memiliki rekening massal melalui host utama dan menjual layanan mereka.

Jika Anda berurusan dengan reseller, pastikan ada penelitian reputasi reseller hosting dengan perusahaan utama. Semakin lama Umur Penyedia Hosting dapat merupakan salah satu indikasi stabilitas.

5. SPACE PENYIMPANAN DAN BANDWITH
Apakah Anda sudah memikirkan apa yang Anda butuhkan? Ruang penyimpanan dan bandwidth adalah pertimbangan utama untuk paket hosting Anda. Jumlah ruang yang Anda butuhkan tergantung pada jumlah dan ukuran file Anda akan miliki di situs web Anda.

Perlu diketahui bahwa situs web dengan kapasitas besar biasanya belum tentu membutuhkan banyak ruang penyimpanan sehingga penyedia web hosting akan menawarkan ruang disk terbatas atau sejumlah besar ruang disk sebagai titik penjualan. Faktanya adalah, Anda mungkin tidak akan membutuhkannya jadi jangan terlalu memprioritaskan pada hal ini.

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang terjadi ketika orang menggunakan/berkunjung situs Anda. Semakin sibuk dan lebih populer sebuah situs, semakin banyak bandwidth yang digunakan. Pastikan Anda memiliki cukup untuk mengakomodasi kebutuhan Anda. Namun, berhati-hatilah jika ada klaim unlimited bandwidth.

Jika Anda berada di sebuah rencana terbatas pastikan Anda membaca baik perjanjiannya. Kebanyakan web hosting memiliki klausa yang akan memungkinkan mereka untuk menangguhkan situs Anda jika Anda menggunakan terlalu banyak bandwith.

Kebanyakan penyedia web hosting menyediakan paket yang tersedia di mana Anda dapat meng-upgrade ke ruang penyimpanan tambahan dan bandwidth tambahan jika diperlukan. Ini biasanya menjadi sebuah pilihan ketika Anda perlu meng-upgrade.

Jika Anda melakukan dengan hati-hati untuk mempertimbangkan lima hal di atas untuk menjadi tolok ukur dalam memilih sebuah penyedia web hosting baru maka akan menghemat banyak waktu, energi dan frustasi dalam jangka panjang.

Hati-hati memilih penyedia web hosting sebaik mungkin sebelum Anda membuat keputusan dan memastikan bahwa Anda memiliki layanan yang berkualitas dengan tarif kompetitif yang akan sesuai dengan bisnis Anda atau untuk kebutuhan pribadi.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!