Menghindari Kejahatan Pada Keluarga & Anak Melalui Facebook

5

Hal yang harus jangan Anda posting/tulis pada Facebook. Facebook telah menjadi Google dalam hal situs jaringan sosial. Jika Anda tidak memperbarui status Anda sekarang maka Anda meng-upload foto atau bermain game di Facebook adalah hal yang menjadi kebiasaan sehari – hari.

Kita melakukan posting update status tentang kehidupan kita di Facebook hampir setiap hari. Masalahnya adalah bahwa kita tidak akan pernah tahu siapa yang benar-benar melihat informasi kita. Akun Teman kita bisa saja telah dibajak ketika mereka menginstal beberapa aplikasi malware atau orang tidak di kenal mungkin menggunakan akun Facebook mereka karena teman anda lupa untuk melakukan logout.

Demi keselamatan Anda dan keluarga Anda, ada beberapa informasi yang Anda jangan posting/tulis di Facebook. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menghapus atau tidak di posting ke Facebook dan/atau jaringan sosial lainnya (Twitter dll).

Tanggal Lahir Lengkap Anda & Keluarga Anda
Kita semua suka mendapatkan ucapan “selamat ulang tahun” dari teman-teman kita di dinding Facebook. Hal Itu membuat kita merasa dicintai mengetahui bahwa orang – orang ingat dan cukup peduli untuk menulis catatan singkat pada hari ulang tahun anda.

Masalahnya adalah ketika Anda memberikan tanggal lahir lengkap anda maka anda menyediakan untuk hacker/pencuri identitas dengan salah satu dari 3 atau 4 buah informasi pribadi yang diperlukan untuk mencuri identitas Anda. Apabila anda ingin mencantumkan tanggal lahir anda maka jangan menuliskan tanggal lahir lengkap anda di Facebook. Semisal : tidak perlu mencantumkan tahun kelahiran anda.

Status Hubungan Anda
Apakah Anda berada dalam suatu hubungan atau tidak, mungkin lebih baik untuk tidak membuatnya diketahui publik. Penguntit/orang jahat akan senang untuk mengetahui status hubungan anda.

Jika Anda mengubah status menjadi “single” itu memberi mereka lampu hijau karena penguntit sedang mencari para single untuk dipermainkan (terutama wanita). Hal ini juga memungkinkan mereka tahu bahwa Anda mungkin sendirian di rumah karena orang penting dalam hidup anda tidak di sekitar anda.

Lokasi Anda Sekarang
Ada banyak orang yang mencintai fitur Location Tagging di Facebook yang memungkinkan mereka untuk membiarkan orang tahu di mana lokasi mereka selamat 24/7. Masalahnya adalah bahwa Anda baru saja memberitahu semua orang bahwa Anda sedang berlibur (dan tidak di rumah Anda).

Jika Anda menambahkan berapa lama perjalanan Anda kemudian pencuri tahu persis berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk merampok rumah Anda. Saran saya adalah untuk tidak memberikan lokasi Anda sama sekali. Anda selalu dapat meng-upload foto liburan Anda ketika Anda sudah tiba di rumah.

Fakta Bahwa Anda Home Alone
Hal ini sangat penting untuk orang tua memastikan anak-anak mereka tidak pernah menempatkan fakta dengan posting/menulis bahwa mereka sendirian di rumah pada status mereka. Sekali lagi, Anda jangan ceroboh dan memberitahu orang asing bahwa Anda akan berada sendirian di rumah Anda.

Jadi jangan melakukan posting status menyeramkan seperti itu di Facebook. Kita mungkin berpikir bahwa hanya teman-teman kita memiliki akses ke status kita tapi apakah anda yakin tahu siapa yang membacanya? Bisa saja orang lain yang berniat jahat ke keluarga Anda.

Aturan terbaik praktis adalah untuk tidak memasukkan apa pun di profil Anda atau status yang Anda tidak ingin orang asing tahu. Anda harus memiliki privasi yang paling ketat dalam hal pengaturan akun jaringan sosial sebagus mungkin.

Gambar Anak Anda Dengan Nama Mereka
Kita mencintai anak-anak kita. Kita akan melakukan apa saja untuk menjaga mereka tetap aman tetapi kebanyakan orang menulis/posting ratusan gambar dengan tagged dan video dari anak-anak mereka ke Facebook tanpa berpikir dua kali.

Kami sarankan agar segera menghapusnya dari Facebook. Mungkin saat ini ada 9 dari 10 orang tua memposting nama lengkap anak mereka dan tanggal lahirnya. Kita mengirim gambar dari anak-anak kita dan melakukan tag ke teman-teman, saudara dan kerabat lainnya.

Informasi seperti ini dapat digunakan oleh orang jahat/penculik untuk memikat anak Anda. Mereka bisa menggunakan informasi nama anak Anda dan nama-nama kerabat untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan anak – anak anda bahwa mereka adalah kerabat dekat anda. Hal ini terjadi karena mereka mengetahui informasi rinci yang memungkinkan mereka untuk membangun kepercayaan hubungan dengan anak Anda melalui informasi tersebut.

Jika Anda harus posting gambar dari anak – anak Anda maka Anda setidaknya harus menghapus informasi identitas pribadi seperti nama lengkap mereka dan tanggal lahir.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT :
pixabay.com
YOUTUBE CREDIT : –

Simpan

You might also like More from author

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!

SCRIPT ANALYTICS :