Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

44

Enkripsi pada perangkat Android diperkenalkan oleh Google kembali dengan meluncurkan Android Gingerbread (2.3), dan ini adalah fitur yang cukup berguna jika Anda khawatir dengan keamanan perangkat dan privasi data pribadi Anda.

Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Tony Webster | Flickr

Sebagian besar perangkat Android akhir-akhir ini merilis perangkat Android yang lebih tinggi yang menjalankan Android Lollipop atau yang lebih tinggi datang dengan enkripsi yang memungkinkan otomatis enkripsi, sementara di sisi lain pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Sejak enkripsi menghambat kinerja ponsel, Android menghadirkan enkripsi sebagai pilihan untuk perangkat dengan spesifikasi hardware yang rendah.

MENGAPA SAYA HARUS MENGENKRIPSI TELEPON SAYA?
Android menggunakan dm-crypt, sistem enkripsi disk standar di kernel Linux, untuk menyimpan data di telepon Anda dengan cara yang acak, sehingga tidak terbaca. Mengenkripsi telepon akan melindungi data Anda, yang bisa menjadi lebih berguna dalam untuk data rahasia untuk mencegah bahaya spionase.

Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Tapi, tetap saja walaupun kita hanya perseorangan dalam kehidupan sehari-hari kita mengenkripsi perangkat mungkin pilihan yang tepat, terutama melawan bahaya yang semakin meningkat secara online.

Bahkan jika Anda mungkin tidak memiliki rahasia identitas dan data pribadi dan keuangan pribadi lainnya di telepon – yang jika dimasukkan ke tangan yang salah dapat menempatkan Anda dalam situasi berbahaya seperti Pencurian identitas atau kecurangan finansial.

Di versi Android Lollipop (5.1) dan yang lebih baru, pengguna dapat memilih apakah memiliki menggunakan PIN atau Password pada enkripsi Anda atau tidak. Selalu disarankan untuk menetapkan kata sandi untuk perlindungan optimal.

Meskipun ada metode canggih untuk memecahkan perangkat terenkripsi, itu tidak berarti Anda perlu mempermudah penyerang untuk mengakses data Anda di ponsel Android Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana hal itu bisa membantu, pikirkan mengapa Anda memiliki kunci layar di layar utama ponsel Anda?

ENKRIPSI MEMPERLAMBAT KINERJA PERANGKAT PONSEL ANDROID
Begitu Anda mengenkripsi telepon, Anda perlu mendekripsi data setiap kali Anda membukanya menggunakan kata kunci atau PIN, yang berarti lebih banyak memori akan digunakan oleh operasi Android ini sehingga menghasilkan penurunan kinerja perangkat dengan spesifikasi yang rendah.

Setelah Anda mengaktifkan enkripsi, data-data tersebut tidak akan kembali kecuali dengan menyetel ulang perangkat – yang berarti Anda akan kehilangan semua data dari perangkat dan akan perlu memulai lagi.

CARA MENGAKTIFKAN ENKRIPSI DI ANDROID?
Enkripsi adalah fitur built-in di OS Android dan Anda tidak perlu mendownload perangkat lunak atau aplikasi pihak ketiga manapun untuk melakukan tugas itu. Pilihan untuk mengaktifkan enkripsi bisa ditemukan di setting ponsel Android Anda tapi mungkin berada di lokasi yang sedikit berbeda dari setiap versi Android tergantung pada masing-masing ponsel Anda.

Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

stwn | Flickr

Misalnya, pengaturan enkripsi pada perangkat Xiaomi dapat ditemukan di Setelan Tambahan, di bawah menu ‘Privasi’.

Sementara, di ponsel Android lainnya, Anda perlu mengakses ‘Security’ di bawah Setting telepon. Anda akan melihat opsi untuk ‘Mengenkripsi Telepon’ di sub judul ‘Enkripsi’. Jika perangkat Anda sudah dienkripsi, maka akan memberikan keterangan bahwa ponsel Android Anda sudah di enkripsi.

Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Jika tidak atau belum di enkripsi, cukup tekan opsi Enkripsikan Telepon dan perangkat akan membawa Anda ke layar berikutnya yang akan memberi tahu Anda bagaimana mengenkripsi perangkat untuk mengubah kinerjanya dan berapa lama prosesnya akan berlangsung.

Sebelum Anda melanjutkan enkripsi, pastikan baterai Anda terisi sekurangnya 80% karena enkripsi bisa memakan waktu lebih dari satu jam, dan perangkat harus dicolokkan ke sumber listrik selama proses berlangsung.

Mengapa dan Bagaimana Cara Mengenkripsi Ponsel Android Anda

Beberapa perangkat Android juga menawarkan untuk mengenkripsi isi kartu SD, Anda akan melihat opsi yang sama dan dapat memilih untuk mengenkripsi data pada memori eksternal Anda juga.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Silahkan bergabung ke halaman Facebook atau Twitter kami untuk selalu update teknologi.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Anda mungkin juga berminat Lagi dari kami

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!