Kelebihan Dan Kekurangan Bermain Game Online Pada Anak – Anak

81

Diperkirakan bahwa ada lebih dari 217 juta gamer di seluruh dunia. Para gamer termasuk anak-anak muda, pria, wanita, dan bahkan orang tua. Bermain game online biasanya dianjurkan oleh sebagian orang – orang di bidang medis. Hal ini dianjurkan karena online game memiliki sejumlah manfaat.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Salah satu manfaat adalah bahwa online games membantu dalam membina interaksi sosial. Sebagai seorang gamer, Anda cenderung dengan mudah membangun hubungan yang bermakna dan santai dengan gamer lain. Hal ini biasanya umum saat anda bermain game online multiplayer.

Karena Anda akan melakukan aktivitas chatting dengan orang lain yang dengan game yang sama dengan anda. Anda cenderung untuk bertemu orang baru sementara pada saat yang sama memperkuat hubungan yang ada dalam komunitas online game.

Chatting dengan orang lain juga bermanfaat karena membantu dalam menghilangkan stres. Hal ini meningkatkan produktivitas Anda tidak hanya dalam permainan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat lainnya adalah bahwa hal itu membantu dalam meningkatkan daya ingat anda dan mengembangkan keterampilan kognitif. Ada beberapa permainan seperti teka-teki dan trivia game yang menawarkan banyak tantangan sehingga membutuhkan agar Anda untuk menggunakan banyak logika dalam cara berpikir melalui sebuah online game.

Hal ini akan meningkatkan fungsi otak Anda dan sebagai hasilnya Anda akan meningkatkan pula memori logika otak Anda. Hal ini sangat bermanfaat karena membantu dalam membuat Anda lebih tajam dan lebih fokus dalam hidup.

Berbagai studi penelitian yang dilakukan oleh sejumlah perguruan tinggi telah menunjukkan bahwa game online cenderung untuk menawarkan bantuan penyakit kronis seperti autisme, penyakit Parkinson dan depresi berlebihan.

Menurut penelitian, anak yang di diagnosis dengan penyakit ini menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam pemberdayaan, ketahanan dan semangat juang. Para peneliti percaya bahwa alasan mengapa anak-anak menunjukkan tanda-tanda ini adalah karena permainan online game bertindak atas mekanisme neuronal yang biasanya mengaktifkan emosi positif dan sistem penghargaan terhadap pribadi mereka.

Sementara game online memiliki manfaat ini, online game dapat pula berbahaya terutama bagi anak-anak. Sisi kekurangannya adalah bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi anak – anak Anda dari kejahatan game online.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah untuk mengatur pembatasan yang harus dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya. Di sini Anda harus memasukkan kata kunci tertentu dalam situs yang Anda tidak ingin anak Anda untuk mengunjungi. Dengan memasukkan kata kunci, Anda mencegah situs-situs berbahaya hadir di depan mata anak – anak anda.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah kebiasaan meletakan komputer di kamar anak – anak anda. Untuk berada di sisi aman dalam penggunaan komputer anak anda maka Anda harus memastikan bahwa anak Anda menaruh lokasi komputer di mana Anda dapat melihat anak – anak anda dalam menggunakan komputer. Hal ini akan membuat mudah bagi Anda untuk memonitor apa yang anak – anak anda lakukan.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT :
Shutterstock.com
YOUTUBE CREDIT : –

KEYWORD :

Anda mungkin juga berminat Lagi dari kami

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!

SCRIPT ANALYTICS :