Situs Web Kumpulan Artikel Teknologi

Ciri – Ciri Android Yang Terkena Infeksi Malware Dan Virus

222

Saat ini smartphone android menjadi virus gadget yang menjangkiti para pemakai smartphone. Banyak yang tadinya menggunakan handphone beralih menggunakan smartphone android.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Tetapi banyak dari pemakai smartphone android masih mempunyai anggapan dan memperlakukan pemakaian smartphone android sama dengan handphone biasa. Dengan anggapan bahwa karena belum terbiasa maka lama kelamaan pasti akan menjadi ahli dalam penggunaannya.

Tanpa disadari oleh pengguna android maka akan muncul berbagai macam permasalahan pada smarphone android. Salah satunya adalah virus, spyware, adware dan malware. Bagaimana sih ciri-ciri ponsel Android yang terkena infeksi spyware, adware, malware atau virus?

1. Smartphone Akan Selalu Hang (Mati Tiba-Tiba) Atau Restart Sendiri
Virus, spyware, adware dan malware dapat mempengaruhi panggilan yang sedang berlangsung atau yang masuk. Ponsel yang mati mendadak atau panggilan putus tanpa sebab yang jelas bisa jadi karena tiga hal: jaringan operator Anda buruk, ponsel Anda disadap, atau karena virus, spyware, adware dan malware.

2. Smartphone Mempunyai Kinerja Lambat
Kinerja ponsel jika digunakan sepadan dengan kemampuan kinerjanya, ponsel akan lancar saja. Namun, jika Anda sudah menggunakan sesuai kemampuannya, tapi tetap lemot, bisa jadi perangkat Anda disusupi virus, spyware, adware dan malware.

3. Baterai Cepat Habis
Android Anda tak banyak dipakai, namun baterainya mudah terkuras. virus, spyware, adware dan malware biasanya secara misterius menguras baterai lebih cepat dibanding biasanya. Itu biasanya karena adware, ataupun malware serupa spam. Adware ini agresif menampilkan beragam iklan, yang daya serap baterainya seperti menjalankan aplikasi.

4. Pemakaian Data Internet Membengkak
Virus, spyware, adware dan malware sering menyusupi konsumsi data Internet perangkat Android. Periksa tagihan langganan data Anda. Perubahan yang mencolok, baik dalam download maupun upload, bisa menjadi tanda bahwa ada pihak lain yang mengontrol perangkat Anda. Pakailah aplikasi pemantau data untuk mengukur konsumsi data Anda.

5. Tagihan Telepon Membengkak
Virus, spyware, adware dan malware pada Android sering menginfeksi perangkat dan mulai mengirim SMS ke layanan premium. Anda bisa cek tagihan atau pemakaian pulsa untuk mengetahui detailnya, apakah Anda melakukan SMS atau panggilan yang misterius dari perangkat Anda.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah malware pada ponsel Android Anda?

Hapus aplikasi yang sering rewel. Biasanya aplikasi ini yang disusupi virus, spyware, adware dan malware. Bahkan, walau aplikasi sudah dihapus maka virus, spyware, adware dan malware mungkin masih ada.

Langkah kedua adalah menyetel ulang ponsel Anda (Reset Pabrik). Masuk ke menu setting, lalu pilih reset as default alias mengembalikan pengaturan seperti pengaturan dari pabriknya.Reset ini akan menghapus memori perangkat dan aplikasi Anda.

Sekian tips singkat pada artikel ini. Jika Anda memiliki saran atau ide-ide Anda sendiri maka harap meninggalkan komentar di bawah.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!