Bagaimana Membersihkan Ponsel Android : Cache, History, Dan File

344

Ponsel Android yang lambat akan membuat Anda menjadi stress dan jengkel. Apalagi apabila kita men-download kemudian muncul pesan bahwa ruang penyimpanan tidak cukup. Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin pernah mengalami kurangnya penyimpanan di ponsel atau perangkat Anda mempunyai berkinerja buruk daripada Anda harapkan.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Jika Anda sedang mencari sebuah aplikasi untuk membersihkan smartphone Anda, sebagian besar tidak memenuhi janji mereka mengenai fitur yang diharapkan.

MENEMUKAN MASALAH PENGGUNAAN RUANG PENYIMPANAN
Hal pertama yang Anda butuhkan ketika Anda membersihkan smartphone Anda adalah untuk mengetahui jenis data atau fitur yang mengambil ruang penyimpanan paling banyak.

Menggunakan aplikasi DiskUsage, Anda dapat melihat di semua informasi penggunaan memori pada smartphone atau tablet. Oleh karena itu, akan lebih mudah untuk melihat mana folder dan file yang menggunakan memori paling banyak pada perangkat Anda.

Setelah melakukan scanning, Anda dapat melihat ukuran masing-masing aplikasi, termasuk cache mereka, dan bahkan berapa banyak file yang telah disimpan. DiskUsage grafis akan menunjukkan file Anda yang paling banyak menyita ruang penyimpanan, dan kemudian akan membiarkan Anda memilih mana yang ingin Anda hapus.

APLIKASI PEMBERSIH CACHE PONSEL ANDROID – DISK USAGE

MANUAL MEMBERSIHKAN CACHE APLIKASI ANDROID
Mayoritas pengguna android akan secara manual membersihkan cache aplikasi mereka serta sering menghapus gambar dan video yang mereka terima melalui WhatsApp.

Banyak alat pembersih menjanjikan untuk meningkatkan memori dan kinerja perangkat Anda. Aplikasi tersebut tidak mempercepat kinerja ponsel Android, tapi sebagian besar aplikasi tersebut mampu membersihkan cache aplikasi Anda.

Cache pada dasarnya adalah sebuah tempat penyimpanan di mana data atau proses yang sering digunakan disimpan untuk akses cepat di masa yang akan datang. Pada akhirnya, cache benar-benar menghemat waktu dan menghindari penggunaan yang tidak perlu dan meringankan kinerja hardware pada ponsel Anda.

Jadi, selalu membersihkan aplikasi ketika ponsel Anda berjalan lambat atau memori penuh bisa tampak seperti pilihan terbaik dalam jangka pendek, tetapi bisa memiliki konsekuensi dalam jangka panjang.

Saya sarankan melakukan pembersihan cache yang preventif pada setiap kesempatan, dan ketika Anda melakukannya cukup dari daftar Aplikasi Android dengan sebagian besar data. Untuk melakukan ini:

  • Pergi ke Settings Menu;
  • Klik pada Apps;
  • Cari All Tab;
  • Pilih aplikasi yang mengambil banyak ruang;
  • Klik tombol Clear Cache. Jika Anda menjalankan Android 6.0 Marshmallow pada perangkat Anda maka Anda akan perlu untuk mengklik pada Storage dan kemudian Clear Cache.

Namun, langkah di atas hanya bekerja untuk membersihkan satu aplikasi. Dalam rangka untuk membersihkan cache dari setiap aplikasi pada saat yang sama, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pergi ke pengaturan;
  • Klik Storage> Cache Data atau Data Tersimpan;
  • Sebuah layar akan meminta konfirmasi untuk menghapus semuanya disimpan dalam cache. Konfirmasi dan simpan untuk menghapus konten.

MELAKUKAN FACTORY RESET PONSEL ANDROID
Sama seperti namanya, memulihkan telepon Anda ke pengaturan pabrik membawa Anda kembali ke nol dan me-reset pengaturan perangkat Anda untuk persis sewaktu pertama di beli. Tidak akan ada aplikasi tambahan, kontak, pengaturan atau jenis data, hanya apa yang datang standar pada ponsel Android.

Namun, jika Anda telah memperbarui sistem anda ke versi yang lebih baru, sistem akan terus meng-upgrade terbaru. Jadi, jika Anda sedang menjalankan Lollipop dan diperbarui untuk Marshmallow, setelah reset, ponsel akan terus menjalankan sistem Android versi Marshmallow.

Fitur ini banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin menginstal ROM yang berbeda pada perangkat mereka tetapi juga bisa sangat membantu bagi pengguna yang memiliki ponsel yang lebih kuno.

Melakukan hal ini akan memberikan perangkat Anda napas kehidupan yang baru. Saya terutama merekomendasikan hal jika perangkat Anda sudah digunakan selama lebih dari satu tahun dan Anda tidak pernah melakukan format ulang. Selain itu, penting untuk backup data sebelum setel ulang ponsel Anda pada kondisi pabrik

Dalam rangka untuk memulihkan telepon Anda ke pengaturan pabrik, cara yang paling umum adalah:

  • Pergi ke pengaturan;
  • Klik Backup dan Reset;
  • Membuat cadangan dalam sistem Android itu sendiri dengan menggunakan Drive;
  • Reset data pabrik;
  • Reset telepon;
  • Anda mungkin harus menempatkan PIN Anda lagi;
  • Klik Reset telepon atau Hapus Semuanya;
  • Restart

SD MAID – ALAT PEMBERSIH CACHE SISTEM
SD Maid adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android. Aplikasi SD maid bekerja seperti kotak alat internal yang memungkinkan Anda menemukan file atau direktori aplikasi yang tidak lagi diinstal pada smartphone Anda; mencari jenis file yang dikenal dan lokasi yang biasanya dapat dengan aman untuk dihapus.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang dirancang dengan baik dan intuitif yang bekerja sama dengan baik untuk pengguna dengan atau tanpa akses root. Jika Anda memiliki akses administratif ke perangkat Anda, Anda dapat menghapus bahkan lebih banyak cache untuk membebaskan ruang penyimpanan di memori Anda.

Aplikasi ini memiliki versi PRO dengan biaya $ 3,49. Saya sarankan versi PRO hanya untuk para pengguna yang telah memiliki akses root pada ponsel Android mereka, karena sebagian besar fitur memerlukan akses root.

Jadi, jika Anda malas untuk secara manual membersihkan ponsel Anda maka aplikasi SD Maid adalah pilihan yang solid untuk ponsel Android Anda.

APLIKASI PEMBERSIH CACHE PONSEL ANDROID – SD MAID

CCLEANER – MENEMPATKAN PONSEL ANDROID ANDA DALAM KENDALI
CCleaner adalah aplikasi yang bisa Anda harapkan karena CCleaner adalah salah satu software komputer yang paling populer di luar sana. Aplikasi CCleaner ini sederhana dan efisien dalam menghilangkan data yang tidak berguna, usang atau sementara. Namun, CCleaner harus digunakan dalam moderasi.

Apa yang membuat software ini menarik antara PC dan smartphone adalah bahwa aplikasi CCleaner melakukan analisis perangkat; pemindaian cache, browser history, riwayat panggilan, file dan berbagai tempat penyimpanan pada sistem. Kemudian, aplikasi CCleaner akan merekomendasikan apa yang harus dihapus pada ponsel Android Anda.

Selain semua itu, aplikasi CCleaner memberikan daftar aplikasi yang mengambil banyak memori dalam cache dan kemudian memberikan pengguna kesempatan untuk memilih apakah mereka ingin menghapus data secara sementara atau permanen. Sama seperti SD Maid, CCleaner memiliki antarmuka aplikasi sederhana dan intuitif.

APLIKASI PEMBERSIH CACHE PONSEL ANDROID – CCLEANER

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!