Apakah Perbedaan Antara Modem Dan Router?

119

Apakah perbedaan antara modem Dan router? Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda mendaftar untuk koneksi broadband dari penyedia layanan internet, mereka menawarkan Anda modem dengan kombinasi router. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara modem dan router?

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

Dengan mengetahui perbedaan antara modem dan router, Anda dapat membeli modem Anda sendiri atau router dari berbagai situs belanja online yang menawarkan diskon khusus tanpa mencari bantuan penyedia internet yang biasanya terlalu sibuk untuk menanggapi permintaan layanan Anda dan pertanyaan Anda.

PERBEDAAN ANTARA MODEM DAN ROUTER
Sebuah modem dan router melakukan tugas yang berbeda untuk komputer Anda dan internet, dan Anda mungkin akan perlu untuk membeli keduanya secara terpisah untuk rumah atau kantor jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan modem dan router yang disediakan oleh penyedia layanan internet Anda. Mari kita pertama melihat apa router adalah dan kemudian kita bisa membahas tentang modem.

APAKAH DEFINISI ROUTER
Sebuah router adalah perangkat yang berbagi koneksi internet Anda dengan berbagai perangkat yang hadir di rumah atau kantor. Sebuah router adalah perangkat yang mengirimkan sinyal nirkabel yang menetapkan jaringan Wi-Fi sehingga semua perangkat Anda dapat terhubung dengan Wi-Fi dan menggunakan internet. Sebuah router juga dapat memiliki beberapa port Ethernet sehingga Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat langsung ke router.

Apakah Perbedaan Antara Modem Dan Router

Sebuah router terhubung ke modem dan menerima satu alamat IP dari modem. Semua perangkat lain terhubung ke router Anda dan itu adalah router yang menyediakan internet ke perangkat Anda. Tapi, tanpa modem Anda tidak dapat menghubungkan dan meggunakan fasilitas router. Router dicolokkan ke modem melalui kabel Ethernet yang menerima sinyal internet.

PERAN MODEM
Modem adalah perangkat yang berkomunikasi dengan penyedia layanan internet (ISP). Anda dapat memiliki dua jenis modem – modem kabel yang dihubungkan ke infrastruktur yang disediakan oleh operator kabel, atau modem DSL yang terhubung melalui saluran telepon. Anda perlu jenis yang tepat dari modem sehingga dapat berkomunikasi dengan penyedia jasa layanan internet Anda.

Apakah Perbedaan Antara Modem Dan Router

Setelah Anda berhasil tersambung ke modem Anda dengan penyedia layanan internet dan membentuk koneksi baik melalui modem kabel atau modem DSL, Anda sekarang dapat menggunakan kabel Ethernet untuk plug atau menghubungkan ke router Anda sehingga semua perangkat di rumah atau kantor Anda bisa mendapatkan internet melalui koneksi Wi-Fi.

Oleh karena itu, modem dan router adalah dua perangkat terpisah yang melakukan fungsi yang berbeda. Untuk router agar dapat melakukan fungsinya maka perlu bantuan modem. Anda tidak harus memiliki keduanya jika Anda tidak memiliki perangkat lain yang menggunakan internet, Anda dapat melakukannya tanpa router.

DAPATKAH SAYA MENDAPATKAN MODEM DAN ROUTER GABUNGAN KE SATU SINGLE DEVICE?
Kebanyakan penyedia layanan internet menyediakan satu perangkat yang berisi modem dan router. Perangkat mereka dirancang sehingga mereka dapat melakukan peran baik dan dapat membuat sambungan Wi-Fi dan menggunakan perangkat yang sama untuk melakukan koneksi internet. Namun, tidak semua perusahaan melakukan ini dan Anda dapat membeli router yang terpisah hanya untuk Wi-Fi, atau ada juga kombinasi perangkat antara router dan modem yang tersedia.

KESIMPULAN
Baik perangkat modem dan router adalah penting jika Anda perlu untuk berhasil membuat koneksi Wi-Fi. Saat ini, Anda dapat melihat penyedia internet memasok modem dan router secara terpisah ketika mendaftar dengan layanan jasa internet mereka.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT : –
YOUTUBE CREDIT : –

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!