Apakah Fungsi Utama Dari Sebuah CPU Komputer?

13

CPU atau Central Processing Unit adalah jantung dan otak dari setiap komputer. Banyak dari kita tidak mengetahui pentingnya memiliki kinerja keseluruhan komputer. Berapa banyak dari Anda bertanya-tanya, apa fungsi dasar CPU?

Mengapa penting untuk memiliki sistem pendingin yang baik untuk menjaga CPU pada suhu yang tepat? Mengapa sangat penting untuk menjaga CPU dari overheating. Artikel ini adalah tempat Anda akan mendapatkan jawaban.

Jangan Lupa Untuk Bagikan Artikel Ini. Terima Kasih.

OTAK DARI KOMPUTER
Seperti yang telah disebutkan, CPU mirip dengan otak manusia. Setiap operasi tunggal yang Anda lakukan dengan komputer Anda akan di proses dalam CPU. Kinerja komputer Anda didasarkan pada operasi matematika sederhana. CPU adalah perangkat yang mengontrol semua operasi. Katakanlah kita menggunakan kalkulator untuk menambahkan dua angka. Angka – angka akan dimasukkan dari keyboard Anda. Keyboard Controller berisi semua informasi yang Anda masukkan ke dalam kode biner. Kode biner terdiri dari urutan 0 dan 1. Semua informasi ini dikirim ke registri dan kemudian ditransfer ke CPU. CPU terintegrasi ALU (Aritmatik Logical Unit). Unit ini bertanggung jawab untuk semua operasi matematis dan logis. Jadi, permintaan Anda untuk menambahkan dua angka di proses ke CPU. Kemudian ditransfer ke ALU. ALU menambahkan angka biner dan mengembalikan jawaban ke CPU. CPU akan memproses untuk perangkat output. Setiap langkah yang Anda lakukan pada komputer Anda dalam satu atau lain cara terhubung dengan CPU Anda. Jadi, sangat penting untuk menjaga prosesor Anda pada kondisi yang baik. Overheating dapat menjadi faktor penting yang dapat menyebabkan sistem komputer menjadi gagal.

FUNGSI UTAMA CPU
Seperti yang disebutkan sebelumnya, instruksi proses CPU. Instruksi yang akan dilakukan dalam proses decoding berbagai data dari sebuah program. CPU harus melaksanakan 4 fungsi dasar selama siklus instruksi : FETCH, DECODE, EXECUTE, STORE.

  • FETCH
    Semua instruksi disimpan dalam memori. Setiap instruksi memiliki alamat. Prosesor mengambil nomor alamat ini dari program counter. Program counter bertanggung jawab untuk melacak instruksi CPU yang harus dijalankan berikutnya. Jadi fetch pada dasarnya berarti mengambil instruksi dari memori.
  • DECODE

    CPU memahami instruksi, yang ditulis dalam bahasa pemrograman Assembly. Semua program harus dijalankan, dijabarkan ke dalam instruksi Assembly. CPU yang berbeda memahami instruksi yang berbeda, sehingga kode Unit harus diterjemahkan ke dalam instruksi biner yang dimengerti oleh CPU Anda. Langkah ini disebut decoding.

  • EXECUTE
    Selama prosedur eksekusi instruksi, alur prosedur harus dilakukan. Pertama, CPU melakukan beberapa perhitungan. Untuk mengeksekusi maka perhitungan ALU (Aritmatik Logical Unit) digunakan. Kedua, CPU dapat memindahkan data dari satu lokasi memori yang lain. Dan ketiga, CPU dapat melangkah ke alamat yang berbeda jika diperlukan. Jadi pada dasarnya, salah satu dari tiga opsi proses akan dieksekusi selama proses langkah tersebut.
  • STORE
    CPU harus memberikan umpan balik setelah mengeksekusi instruksi. Output data ditulis ke memori. Dalam program tahap ini maka proses penyimpanan dalam memori akan bertambah.

SEBERAPA CEPAT CPU SAYA?
Jumlah operasi CPU yang dapat dilakukan bergantung pada kecepatan. Kecepatan CPU diukur dalam Hertz. Satu hertz berarti bahwa satu operasi dilakukan per satu detik. Tipikal kecepatan atau komputer diukur dalam giga hertz. 1 GHz berarti, bahwa satu juta tugas – tugas sederhana dapat dilakukan pada prosesor tersebut. Istilah “tugas sederhana” berarti langkah – langkah terkecil yang prosesor dapat melakukan. Biasanya prosesor memahami dan melakukan instruksi perakitan yang berlangsung dalam 4 siklus. Semakin cepat CPU Anda, semakin banyak instruksi yang dapat dilakukan dalam satu detik. Tapi jangan hanya terpatok pada nomor ini. Kecepatan CPU bukanlah satu – satunya metrik yang mempengaruhi kinerja komputer Anda. Ada banyak faktor seperti arsitektur CPU dan banyak lainnya yang harus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang independen.

PROSESOR MULTI – CORE
Sebuah prosesor multi-core sebenarnya adalah CPU yang memiliki dua atau lebih core utama. Core mirip dengan prosesor biasa. Mereka mengeksekusi instruksi program. Ide utama prosesor multi-core adalah bahwa komponen tersebut dapat menjalankan beberapa instruksi pada waktu yang sama. Fitur ini memungkinkan untuk meningkatkan kecepatan kinerja secara signifikan. Semua program yang memiliki fitur komputasi paralel dapat berjalan pada prosesor multi-core.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman – teman anda melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest dengan menekan tombol Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest di bawah artikel ini. Dengan membagikan melalui Facebook, Twitter, Google+ dan Pinterest maka anda membantu kami semakin giat menulis artikel yang berguna.

SOURCE CREDIT : –
IMAGE CREDIT :
Pixabay.com
YOUTUBE CREDIT : –

Anda mungkin juga berminat Lagi dari kami

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!

SCRIPT ANALYTICS :